Previous Post
Archives
Links
Friends
Template by
Free Blogger templates
Friday, October 13, 2006
utang lunas!!!
again... artikel bagus ^_^

---

Indonesia Lunasi Utang ke IMF


JAKARTA, KAMIS- Bank Indonesia (BI) atas nama Pemerintah Republik Indonesia pada hari ini, 12 Oktober 2006 secara efektif telah melunasi seluruh pinjaman kepada Dana Moneter Internasional (IMF) di bawah skim Extended Fund Facility (EFF).

Pelunasan sebesar SDR 2.153.915.825, atau ekuivalen 3,181,742,918 dollar AS (USD/SDR = 1,47719) merupakan sisa pinjaman yang seharusnya jatuh tempo pada akhir 2010. Penjelasan ini tertuang dalam rilis Direktorat Perencanaan Strategis dan Biro Hubungan Masyarakat BI yang diterima KCM, Kamis (12/10).

Percepatan pelunasan tahap ke-2 ini mengurangi beban utang dan meningkatkan kepercayaan diri dalam menyusun dan melaksanakan program pembangunan ekonomi. “Pelunasan pinjaman IMF ini merupakan sinyal peningkatan confidence dan fleksibilitas fiskal pemerintah," ungkap Gubernur Bank Indonesia, Burhanuddin Abdullah.

Percepatan pelunasan pinjaman IMF tahap ke-2 dilakukan setelah Pemerintah dan BI menilai keseimbangan eksternal yang tercermin dari surplus neraca pembayaran dan cadangan devisa mengalami peningkatan signifikan pada tahun 2006.

Selain itu, tanggapan positif dari pasar atas percepatan pembayaran pinjaman IMF tahap I pada Juni 2006 dan adanya dukungan dari berbagai pihak termasuk DPR-RI untuk melunasi pinjaman IMF pada tahun 2006, membuat BI memutuskan mempercepat pelunasan sisa pinjaman kepada IMF dari sebelumnya direncanakan pada akhir tahun 2006.

Dengan pelunasan pinjaman ini, posisi cadangan devisa Indonesia hingga akhir 2006 diperkirakan di atas 39 miliar dollar AS atau masih berada pada level aman, yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pembayaran impor lebih dari 4 bulan dan cicilan pinjaman luar negeri Pemerintah.

Dengan pelunasan ini maka Indonesia sudah tidak berkewajiban lagi mengikuti post program monitoring (PPM) dan Indonesia sama dengan anggota IMF lainnya, yang kondisi makroekonominya dalam keadaan baik. “Pelunasan ini diharapkan semakin meningkatkan kepercayaan investor kepada kita dan diharapkan dapat diikuti oleh kenaikan rating dan penurunan country risk”, demikian tambah Burhanuddin.

Penulis: Edj

---

taken from kompas.com
posted by Ra! @ 01:01  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home