Previous Post
Archives
Links
Friends
Template by
Free Blogger templates
Saturday, October 21, 2006
bolos kuliah tapi ikut macem2 ^_^
Wow, sudah weekend lagi dan aku belom menjalankan ritual postingan weekend sebelumnya. Sebenernya buanyak buanget yang bisa di-share dari weekend yang lalu. Bukan karena aku banyak jalan2. But, ada banyak perenungan (n_n)

So, nanti akan aku posting dalam beberapa bagian ya. Kali ini, mau berbagi cerita tentang hal lain yang aku alami di minggu ini. Yah tentunya selain tentang diriku yang bolos empat dari lima kuliah di minggu ini -_-“


Pertama, workshop photoshop.

Tujuan pertama ikut workshop ini memang untuk belajar photoshop. Tapi dibalik itu juga sekalian aku berniat investigasi pengen tau kayak apa sih workshop photoshop-nya anak NUS. Workshop ini berlangsung dua hari dari jam 7pm-9pm. Ikut sehari bayar S$3, kalo dua hari S$5. Pelajaran apa yang bisa diambil dari poin ini? HARGA WORKSHOP-nya murah. Karena S$3 – S$5 adalah harga rata2 sekali makan di sini. Artinya, kalo di Indo, antara 5000 IDR – 10000 IDR. (Plis, jangan di-kurs langsung. Bandingkanlah dengan biaya makan.)

Next, teknis pelaksanaannya sederhana banget. Mereka pake satu ruang kelas tutorial (kalo bandingin di UI, satu kelas kecil) dan semua yang mo ikut workshop ini disuruh bawa laptop masing2. So, mereka ga perlu tanggung jawab soal software yang dipake itu bajakan ato engga. Toh kalo emang ga punya yang asli, bisa donlot trial-nya.



Pembicaranya cuma satu orang. Yang lain ngebantu ngecek tiket plus bantu2 peserta kalo ada kesulitan. Modulnya cuma beberapa halaman pdf dan itupun disuruh donlot sendiri dari suatu web tempat dia upload. Praktis lah! Minusnya cuma satu (buat saya lho ya…), trainernya kurang fasih ngajar. But overall, OK lah =)


Kedua, life science lecture series.

Aku memang bukan mahasiswa life science. Tapi ini kuliah umum kok, jadi boleh lah iseng2 dateng =) Lecture series ini diselenggarakan oleh Office of Life Science –nya NUS. Per bulan mereka mengundang pakar2 di bidang life science untuk berbagi ilmu tentang research yang mereka laksanakan. Dan yang waktu itu aku datang, researchnya tentang keratin. Sayangnya, aku lupa nama pembicaranya.

Berikut ini sedikit note dari lecture series tersebut.

The Keratin Cytoskeleton and Human Disease

Keratins are intermediate filaments
Keratins are stable and abundant proteins
Epidermolysis Bullosa Simplex caused by mutations in K5 or K14
Why is it important to identify mutations?
-patient benefit
-improves genetic counselling
-improve diagnosis
-future benefit from mutation – based therapy
Mutation in different keratins give different clinical phenotypes
Inflammatory bowel disorders – “candidate disease” for keratin mutations
Info lainnya bisa dilihat di http://www.interfil.org

Ikut kuliah umum ini jadi bikin kangen sama biologi ^_^


Ketiga, Arts Work For You

Ini adalah kegiatan kelompok yang diadain oleh Counselling Centre nya NUS. Bener2 ga ada bayangan deh awalnya ini kegiatan kayak apa. Aku daftar karena ada kata Arts nya doang =P Sampe sekarang juga belum tau bener apa yang dicapai dari kegiatan ini. Tapi yang aku dapat dari 45 menit itu adalah….

Pertama kita semua diajak menutup mata. Berkonsentrasi. Dan inilah bagian tersulit buatku. Karena belakangan ini aku cukup sulit berkonsentrasi. Mikir A, kepikiran B, C, dst. Selama ini, kalau bernafas kan ya tanpa disadari. Begitu disuruh memejamkan mata dan mengatur nafas, ya malah jadi bingung sendiri. Ini kapan harus narik napasnya ya? Kapan harus dikeluarin ya? Duh kok sesek ya? Tapi setelah 15 menit, akhirnya aku bisa bernafas normal dibawah kesadaran. Bisa merasakan detak jantung. Bisa mengikuti instruksi dari Virginia.

Kami diajak berkhayal. Membayangkan bertemu orang lain, berkomunikasi, dsb (sambil menutup mata tadi itu lho…). Sampe akhirnya kami diajak kembali membuka mata dan ahhh…. rasanya tidak ingin buka mata, karena lebih indah ketika berkhayal =) Sesi diakhiri dengan menggambar. Katanya, tidak usah dipikir, gambar saja. Tapi ya mana bisa aku tidak berpikir. Jadilah gambar ini ^_^



Awalnya aku ambil warna biru, karena aku suka biru. Trus juga ambil hijau. Trus ga jelas, kok hampir jadi pohon. Tapi pohon kok batangnya biru? Jadi aku coba ambil merah, warna yang ga aku suka. Ambil warna ungu, yang adalah campuran dari merah dan biru kan?? Ga tau kenapa, aku gambar pelangi ga jelas. Sebel. Jadi aku ambil kuning dan peach, asal gores spiral…. Dan waktu menggambar habis. Virginia minta supaya di gambar itu ada keyword atau judul. Apapun yang ada di benak kalian, begitu katanya. Dan aku juga tidak tau, yang terpikir adalah untuk memberi judul… “where’s the sunshine”……………..

Dan sekarang gambar ini terpajang manis di meja belajarku ^_^



Btw, aku lagi seneng jadi paparazzi neh =P
Foto ini diambil karena ini cowo kok mirip sama rori dan markus ya? Hahaha…



Trus kalo yang ini, ya lucu aja liat sepatunya ^_^

posted by Ra! @ 16:06  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home