Previous Post
Archives
Links
Friends
Template by
Free Blogger templates
Sunday, November 19, 2006
arti fam....
Setelah lebih dari 20 tahun menyandang last name Maramis, gw baru tau artinya beberapa menit yang lalu. Ada daftar yang lumayan panjang sih di multiply seseorang , tapi yang gw post di sini yang gw pernah denger aja ya...

D
Dondokambei : Prinsip tetap (si om oli)

E
Ering : Kurang besar (kak mieke)

G
Gerung : Bunga ukiran (entah. pastinya pernah denger)
Goni : Cerdik (om gw. alias suaminya kakaknya nyokap gw)

I
Ingkiriwang : Dari angkasa (sapa ya?)

K
Kaeng : Sempit (pernah denger aja)
Kalalo : Amat berani (ini juga)
Kalengkongan: Tepat berjatuhan (oma dari bokap niii)
Kaligis : Sama keluarga (pak OC, pernah denger kan?)
Kambey : Bunga hias (si billy, temen SD gw)
Kandou : Bintang pagi (mbak Lidya yang artis itu lohh)
Kapoh : Pemuja (om muel, suaminya temennya nyokap)
Karamoy : Penunjuk (lali.. ada deh)
Katuuk : Pemegang rahasia (pernah denger)
Kaunang : Cerdik (orang Menara Kasih ada ni)
Kawilarang : Diatas terbuka (sering denger)
Korompis : Hasil kerja yang baik (si Monique)
Kuhu : Menampakkan (orang Menara Kasih juga sepertinya)
Kumaat : Melihat (adek keluarga gw, si Eliah)

L
Lalamentik : Semut api (pernah denger aja)
Lambogia : Paras jernih (ini juga..)
Langi : Tinggi (sering denger)
Lapian : Teladan (juga sering denger)
Legi : Menipis (orang sektor 1 Menara Kasih)
Lengkoan : Penghalang (pernah denger)
Lengkong : Pendidik (mayan sering denger)
Liando : Penimbang (suaminya sepupunya oma gw)
Lintong : Pusat persoalan (tante2 yang suka bikin kue)
Lomboan : Lemparan keatas (gery, maya, eci sekeluarga)
Lumenta : Terbit (pernah denger aja))
Luminuut : Berpeluh (Toar dan.... )
Lumoindong : Melindungi (pak gilbert itu lho)
Luntungan : Memiliki jambul (sering denger)

M
Mamahit : Dukun obat pahit (tante ana, yang katanya masih sodara)
Mambo : Penetapan (si refco, hehehe)
Mambu : Pemberi supa (pendeta maria)
Mamentu : Pemberi rasa (pernah denger aja)
Mamesah : Pembuka rahasia (juga cuma pernah denger)
Manalu : Ditingkatkan (cuma pernah denger)
Manarisip : Membetulkan (si tante sektor 5 Menara Kasih)
Mandagi : Menghiasi bunga (pernah denger)
Mandang : Melambung tinggi (pernah denger)
Mandey : Pandai (pernah denger)
Mangindaan : Tahan uji (sepertinya cukup terkenal)
Manopo : Bersama datuk (opo) (sering denger)
Maramis : Menggenapi (opa gw, bokap gw, om tante gw, sepupu2 gw, dan tentunya gw)
Marentek : Tukang besi (tante lince)
Masinambau : Tujuan pasti (cuma pernah denger)
Mogot : Penebus (tau jalan Daan Mogot?)
Moniaga : Kebesaran (tante gw, istrinya kakaknya bokap)
Moningka : Penambah tenaga (jeizy temen SMP gw)
Muaya : Berani (om harry)
Mumu : Simpanan cukup (kembaran gw, si Regina)

N
Nayoan : Diberi berkat (si om di Menara Kasih)

O
Opit : Jepitan (orang Menara Kasih juga)

P
Paat : Pengangkat (tante Rita)
Pakasi : Pemberian (jojo n family. kata bokap sih moyang gw juga ..)
Pandelaki : Pemegang bibit (pernah denger)
Pangau : Jauh kedalam (pernah denger)
Pangemanan : Dipercaya (bro henry n fam)
Pantouw : Penolong bijaksana (pernah denger)
Pepah : Lemah lembut (kalo ga salah siy orang Menara Kasih)
Pitoy : Diikuti (sektor 1 Menara Kasih)
Politon : Gembira selalu (suaminya kakaknya bokap)
Poluakan : Air berkumpul (suamiya kakaknya nyokap)
Posumah : Pembagi (pernah denger nama Adolf Posumah?)

R
Rantung : Terapung (abang keluarga gw, bang rivano)
Ratulangi : Jimat dari langit (tau bandara samrat dan unsrat kan?)
Ratuwalangon: Batu panjang (pernah denger... si gita kali ye)
Rengkung : Dihormati (pernah denger)
Rompas : Penyimpan rahasia (pastinya pernah denger)
Rompis : Pekerja baik/rukun (ini apa lagi)
Rondonuwu : Bicara lurus (kak greine)
Rorimpandey : Sempurna (ada niii)
Roring : Kemuliaan (lupa ni sapa)
Rorintulus : Cahaya (si tante yang dah ga inget gw)
Rumayar : Mengibarkan (suaminya adeknya bokapnya nyokap)

S
Sambuaga : Bunga kayu cempaka (pernah denger pak Theo?)
Sondakh : Pengawas (mbak angelina itu lho)
Soputan : Letusan (pernah denger aja)
Sumaiku : Panjang idenya (suaminya cucu bersaudaranya nyokap)
Sumual : Memiliki kelebihan (pernah denger)
Sundah : Tidak menetap (juga pernah denger)
Supit : Menjepit musuh (si jenny, sampe diledek sipit, hehehe)
Suwu : Serbu (orang Menara Kasih)

T
Tamboto : Menghias kepala (orang Menara Kasih juga)
Tambunan : Timbunan (eh, ini bukan marga Batak ya?)
Tampi : Setia (mariske)
Tangka : Amat tinggi (yossy, kamu kan?)
Tendean : Tempat berpijak (tau lah ya..)
Tilaar : Kerinduan (bu martha itu lhoo)
Tumbelaka : Diberkati (sering denger)
Turangan : Berkelebihan (kevin, temen SD gw yang ga tau di mana)

U
Umboh : Penolak bahaya (salah satu fans gw ni, hahaha)
Undap : Cahaya sinar (suaminya si tante yang medok)

W
Walean : Komplek rumah (pernah denger)
Waworuntu : Diatas gunung (banyak)
Wenas : Penyembuh (cuma pernah denger)
Wowor : Obat kesohor (ada kan artis wowor?)
Wurangian : Pemarah (orang Menara Kasih)
Wuwung : Kelebihan (orang Menara Kasih juga)
Wuwungan : Diatas atap (errrrrr....)



yang gw bingung adalah, ini bahasa mana siy kok bisa ada artinya. bahasa menado tua kah? kalo ya, masih dipake ga tuh bahasa? coz daily language di menado kan bahasa menado yang general. vocab yang masih bisa gw ngerti lah. tapi kalo marga2 ini sejarahnya piye ya....

lastly, marga oma n opa dari nyokap gw ga masuk daftar. huhuhu. segitu ga ngetopnya ya????
posted by Ra! @ 04:53  
1 Comments:
  • At 3:26 AM, Anonymous Anonymous said…

    klo bahasa ini bkn bhs manado,ini bahasa daerah. suku minahasa kan bahasa daerah ada beberapa gak cuma satu,tergantung wilayahnya. ada wilayah toulour,tountemboan,tonsea en tomohon klo gak slh. bhsnya beda2 tapi klo ngomong ktnya bisa slg ngerti.

     
Post a Comment
<< Home