Previous Post
Archives
Links
Friends
Template by
Free Blogger templates
Friday, May 19, 2006
TanPa SeNSoR
Kesamaan nama dan tempat bukanlah kebetulan semata, karena ini adalah FAKTA. Bagi Anda yang kebetulan mengenal tokoh2 dalam kisah ini, selamat menikmati! Apalagi kalau salah satu tokohnya adalah Anda! =)

Tugas mata kuliah Jaringan Komputer yang diajar oleh yang terhormat Bapak Johny Moningka, socket programming, adalah tugas kelompok. Betul? Tugas ini tidak bisa disamakan dengan tugas mata kuliah yang lain. Betul? Ini bukanlah tugas wajib. Betul? Ini adalah tugas tambahan khususnya bagi mereka yang rindu agar nilainya bisa bertambah 15%. Betul? Dan ini adalah harapan besar buat gw yang nilai UTS nya menjurus ke huruf C. Betul? Demi 15% tersebut tentunya harus ada sesuatu yang kita lakukan sebagai salah satu anggota kelompok. Betul? Apalagi dengan adanya pengumpulan log kerja masing2 anggota. Betul? Tugas ini tidak seperti tugas RPL yang jika terdapat satu PM, satu designer, satu implementer, dan satu tester, maka nilai bisa tetap baik2 saja selama proses pembuatan software sesuai dengan khaidah2 yang disabdakan (istilah dari yang terhormat Ibu Betty Purwandari) oleh Bapak Pressman.

Sederhana saja. Saudara Sadar Baskoro telah meng-copy code dari buku Core Java. Hasilnya? Not bad, MailTest.java bisa dipakai walaupun belum sempurna. Dengan penuh kesadaran bahwa ini tugas kelompok, saya mencoba untuk melanjutkan MailTest.java. Jam 1 siang sampe jam 5 sore, hmm, EMPAT jam. Memang gak begitu banyak yang berubah dari code tersebut. Karena yang saya tambahkan adalah GUI (dari segi kelengkapan fitur, bukan estetika) dan berbagai modifikasi lah. Selanjutnya adalah bagian rekan saya Rabindra Surya untuk melengkapi implementasi dari fitur yang sudah saya siapkan kerangka-nya. Tidak sulit seharusnya, apalagi ada petunjuk di RFC 822 dan berbagai kelompok lain pun sudah menyelesaikan tugas tersebut. Dan sebenarnya bisa juga saya selesaikan sore itu juga, tapi saya ingat kalau ini tugas kelompok, dan paling haram untuk membuat log kerja yang palsu. Last but not least rencananya adalah menagih janji saudara Phylissia Angelia untuk membuat GUI yang indah dipandang untuk MailTest.java ini. Dengan demikian, maka di bagian @author dari code ini bisa ditulis Aurora Marsye, M. Rabindra Surya, Phylissia Angelia, Sadar Baskoro. Dengan demikian pula, log kerja kami pun seharusnya menjadi rata. And so on, and so on.

Ternyata. Entah apa yang terjadi. Ternyata saya salah. Saya salah karena datang ke kampus di atas pukul 12. Entah ini tugas kelompok saya atau bukan. Karena begitu saya lihat final code yang akan dikumpulkan oleh kelompok kami (kalau saya masih termasuk di dalamnya), @author Sadar Baskoro, Phylissia Angelia. Dan selanjutnya, saya dapat bagian untuk membuat kesimpulan dari laporan (yang saya tolak karena saya benar2 tidak bisa berpikir jernih ketika diberi tugas tersebut) serta membuat cover laporan (Are you sure that you can’t do it by your self?). Ya, usaha saya untuk berpartisipasi selama empat jam kemarin sore ternyata percuma. Tau begitu, lebih baik saya mengerjakan pekerjaan lain di kos seperti mengerjakan setumpuk soal Persamaan Differensial.

Di saat seperti inilah saya jadi mengerti seperti apa perasaan seorang Hadi ketika dia menceritakan pengalamannya di kelompok BasDat-nya. Ketika apa yang telah ia siapkan demi kebaikan kelompoknya, namun ternyata tidak dipakai sama sekali. Dan Hadi juga berkata bahwa ‘tau gitu mending ngerjain yang lain’. Yeah!

Dan sekarang saya sedang berpikir. Apa iya di log kerja nanti saya akan mencantumkan bahwa yang saya lakukan adalah MEMBUAT COVER LAPORAN TUGAS? Apa dengan log kerja seperti itu seorang Pak Johny akan memberikan saya 15% nya. Apakah saya bisa lolos dari nilai C?

Selamat saya ucapkan kepada seorang bernama Desmond. Lucu juga. Beliau sempat membuat saya jengkel kemarin siang. Tadinya, kalau ada kesempatan posting blog, saya sudah ada niatan untuk mengeluarkan sumpah-serapah dengan menyamarkan namanya dalam sebuah variabel. Tapi, betapa beruntungnya dia, saya belum sempat update blog sampai tau2 datang SMS darinya bahwa dia menyadari bahwa ‘becandanya kelewatan’. Yah, agak kaget juga sih, pertama, apakah ucapan2nya siang itu adalah sesuatu yang bisa digolongkan becanda? Kedua, apakah gw sebegitu memberikan sinyal2 bahwa gw emosi dengan kata2 yang dia keluarkan? Ketiga, kok bisa ya beliau kepikiran bahwa yang diucapkannya membuat gw cukup – amat – sangat jengkel sampai2 dia harus say sorry sebelum satu malam berlalu? Anyway, once more, congratz to Desmond. Anda batal kena sumpah serapah, justru Anda dapat pujian dari saya karena ternyata Anda tergolong orang berjiwa besar untuk menyadari bahkan sampai meminta maaf. Tidak banyak orang seperti Anda.

Supaya adil, selamat juga untuk Mimi! Beliau juga pernah melakukan hal yang serupa terhadap saya seminggu yang lalu. Tadinya saya cukup kesal dengan perlakuan yang saya terima. Tapi karena masih mengingat hubungan ‘teman’, saya hanya bisa berkata “ya udah, gak pa pa” sambil tersenyum kecut. Beberapa jam kemudian dia mendatangi saya dan berkata maaf. Great one!

Saya harus belajar banyak pada orang2 seperti ini. Belajar menyadari kesalahan yang saya lakukan terhadap orang lain. Belajar berani meminta maaf kepada orang yang saya sakiti secara jasmani maupun rohani (gak termasuk elo, Jon!! Hue he he… soalnya lo emang enak dicubitin!).

Dan kepada orang2 yang namanya tercantum di postingan kali ini. Saya tidak marah. Saya tidak merasa Anda2 adalah orang yang bersalah. Saya hanya kepikiran saja dengan hal ini sampai dengan sekarang (pukul satu pagi dini hari). Dan saya memilih untuk mengetik ini semua dengan harapan bisa memulai hari ini dengan otak jernih. Dan sungguh, membeberkan ini semua benar2 membuat saya cukup lega, cukup untuk membuat istirahat dengan tenang.

Adoen, mengganti variabel menjadi nama2 yang sebenarnya ternyata membuat hatiku lebih tenang. Apakah kamu ingin mencobanya? Mungkin bisa membuatmu merasa lebih baik? Dan, aku siap kok kalo namaku mungkin termasuk di antara orang2 yang pernah membuatmu bersedih. Aji, tawaran ini juga berlaku buat lo! Siapa sih orang2 yang lagi lo benci ituh?? He he he… Please live(life?) in peace, my friend…..
posted by Ra! @ 02:09  
2 Comments:
  • At 2:29 PM, Anonymous Anonymous said…

    thanks for giv me the congratz Ra
    u're not just a fren, but u're my sister too..if u don't mind of course

     
  • At 2:35 PM, Blogger Ra! said…

    you're welcome, sis!

     
Post a Comment
<< Home