Previous Post
Archives
Links
Friends
Template by
Free Blogger templates
Thursday, August 24, 2006
being 20 (read: twenTEEN)
Foto2 di rumah Mr n Mrs Tan baru kuterima tadi malam. Yach, inilah kami di meja makan. Agak2 lupa nich, apakah foto ini diambil sebelum ato sesudah kentang sialan itu melukai langit2 mulutku.



beberapa saat setelah sharing sebelum pulang….



Ki-Ka:
RoRa, cewe Indo numpang lahir di Jakarta, pernah gede di Pondok Gede dan Tanah Tinggi, terdampar tiga tahun di Magelang, melanjutkan pertapaan di Depok.
Mrs. Tan, nama aslinya Christina. Singaporean tulen, tapi yang saya bingung kenapa ga bisa ngomong Mandarin, malah lebih OK kalo ngomong Malay.
Pao-Pao, doggy kesayangan Tans, kalo ga salah sih udah tinggal bersama mereka more than three years.
Mr. Tan, first name nya William. Memiliki satu putra yang sejak undergraduate di Dallas dan bertahan sampe sekarang dan dalam proses menjadi WN sono.
Kim, cewe UK yang sopannya ga ketulungan, sampe malu saya sebagai cewe Asia. Setahun lalu pernah menetap di China selama 3 bulan untuk liburan dan diisi sambil mengajar Bahasa Inggris.
Koen, wong Londo yang hobi banget naik sepeda dan berencana ke Bali akhir tahun ini untuk surfing.
Benedikt, cah Jerman yang lumayan ganteng dan setelah kuperhatikan lagi hidungnya kok gak gitu mancung ya? Malah kayaknya masih mancungan hidung masku… hahaha =P
Alex, cewe US umur 20 yang ternyata juga mengakui bahwa kepala 2 berarti dekade baru dan agak2 freak kalo mengingat di dekade inilah lazimnya kita mulai bekerja dan akhirnya menikah.

Seperti yang sudah kuceritakan pada episode sebelumnya. Di hari itu aku bangun pukul 12 n do nothing. Yach, seharian akhirnya ngoprek2 laptop sampe akhirnya curhat sama Putu soal rumet. Ada usulan tegas sich dari Putu, tapi aku tak sekejam itu untuk melakukannya. Lha saking desperatenya, akhirnya aku cerita juga ke Hix. Lha yang ini malah lebih konyol lagi idenya. Dia menyuruhku untuk memberikan HPku ke rumet dan dia akan telpon dan akan MEMPERINGATKAN si rumet itu. Hahahaha. Yang bener aja! Jelaslah tak kuizinkan dia menasihati rumetku itu…

Jam demi jam berlalu. Dan tibalah saat itu. Saat di mana jam di laptopku berubah menjadi 00.00 AM. Aku hanya bisa memejamkan mata sejenak mengucap syukur padaNYA dan semakin menyadari bahwa setiap detik begitu berharga. Ya, sangat berharga. Ketika kita sudah mengalami apa yang kita sebut ‘kehilangan’… saat itulah ‘waktu’ menjadi semakin berarti.

Dengan usia 20, aku sudah tidak mengharapkan kado apalagi pesta. Aku hanya berharap bisa menjadi orang yang lebih baik. Dan ujian pertama adalah kedewasaan dalam menghadapi rumet, hahaha.

Siapa orang pertama yang mengucapkan met ultah? Hehehe, berkebalikan dengan tahun lalu, kali ini Hix jadi orang pertama. Ya gimana engga, Mas! Wong kamu ngucapinnya H-1 !!!!! hahahahaha…. Tapi gitu2 dia juga minta tolong orang lain kok buat ngirim ucapan dari HPnya pas jam 12 WIB, nice boy.. =) Then SMS dari Mom n Dad (yang akhirnya disambung dengan telepon) pun datang… Memberikan ucapan di pukul 12 memang termasuk tradisi untuk kami bertiga. Tapi ada pengecualian lah kalau memang keadaan tidak memungkinkan untuk menghubungi ato dihubungi =)

Ya… ditengah-tengah proses membalas SMS dari bokap, datenglah Brian n Pandu. Hahaha, aku kira dengan bersembunyi di kamar akan aman2 saja malam ini. Ternyata gak juga =P tapi nampaknya kedatangan mereka berdua dengan maksud baik, ga ada ember berisi air bersih atopun kotor yang kira2 akan ditumpahkan ke badanku. Dan acara pun dimulai…

Hari gini, masih ada teman2 yang menyanyikan lagu ulang tahun internasional jam 12 malem di kamarku… hikz, sampe terharu. Ternyata rekan seperjuanganku itu masak mie goreng sebagai kue ultah, hahaha, niru2 aja nih kayak apa yang aku siapin buat Nout. Alasannya sich mie goreng dijadiin tradisi ultah kita aja. Potong kuenya….. (humm, trakir kali potong kue kayak gini kayaknya 3 tahun lagu, sweet 17 di 3 IPA 2)



Tiga tahun lalu, first cake(s) jatuh ke tangan Anggit n Hix. Sekarang, first cake diterima oleh Nout, second cake diterima Brian, n the last cake buat Pandu si EO skaligus fotografer =P



Ngobrol adalah budaya kami berempat. Speaking English dengan style masing2, hahaha. Ngobrolnya ngalor ngidul deh malam itu. Sebelum bubar jalan, aku sempat mengajarkan mereka cara bermain UNO. Lumayan lah, ternyata mereka tertarik juga =) Setelah tiga jam, rasanya lelah juga. Tapi ga ada kata lelah untuk foto.



Foto berempat pun kami laksanakan. Foto ini diambil dua kali. Kenapa? Karena di foto pertama si Pandu lupa bawa mug kesayangannya itu. Aku masih berpikir positif. Ah, dia kan emang orangnya narsis abizzzz (di mug itu ada poto dia T__T ). Benar2 tak ada dugaan bahwa mug berisi air putih bersih itu adalah yang akhirnya membasahi pakaianku di malam itu. Emang sich, CUMA satu gelas. Tapi itu mengakibatkanku harus ganti underwear T__T Katanya, kalo ga diguyur ya ga ulang tahun (???)


dengan sumpah serapah yang kuucapkan waktu merasa basah kuyup sambil diabadikan, si Brian teteppppppp aja berpose. Herannya diriku….

Ulang tahun di hari Selasa. Artinya di hari yang penuh dengan kuliah. Hampir telat masuk kelas Science of Music, gile aja, jam 8 bo! Tapi ga telat kok =) Jeda antara Science of Music n IS Research Methodologies kumanfaatkan dengan membaca chapter 3 n 4 Social Research Method dan 2 jurnal yang jadi reading list untuk kuliah hari itu. Jam 2 ada kuliah Java to C++ dan sungguh percayalah aku tak bisa konsen sore itu, ngantuk sekali! Masih untung ada Benny yang dikit2 masih nyari bahan obrolan. Ternyata Benny ini dulu anak didiknya Pak Suryana di TOKI…

Nout, Pandu, n Soo Chin memenuhi undanganku untuk ngumpul di kantin YIH. Setelah mengecek apakah Japanese resto di situ halal ato tidak, akhirnya makan2 sore dimulai. Dan inilah kali pertama aku makan sushi. Sungguh2 FEAR FACTOR. Dan teman2, perhatian, aku tak akan lagi makan ikan mentah! Jelas2 lebih enak yang mateng!!!!

Hari Rabu hari pengangguran. Setidaknya itu yang berlaku sampe minggu ini karena nantinya akan ada tutorial di hari Rabu. Again, bangun siang, sekitar jam 10. Maklum lah, malemnya biz bikin Hello World nya C++, hahahahaha, alasan banget ya! Eh, tapi bener nih. Aku sudah run Hello.cpp nya =P dan jadi aga lama karena nyoba ngotak-ngatik syntax dan nyoba2 error…

Sesuai dengan pembicaraan di Japanese resto, Rabu ini kami akan makan siang bersama dengan masakan masing2 =P Sebelum masak, tentu butuh bumbu. Tapi karena menurutku terlalu pagi untuk ke Clementi, aku (bukan aku, si mesin) nyuci baju dulu. Next, ke NTUC beli segala keperluan masak. Ga disangka, rumetku itu belinya ayam satu ekor. Keluar dari NTUC, bener2 kayak emak2 siap masak untuk sekeluarga…

Berhubung yang punya alat masak cuma Pandu, kami memasak dengan alat terbatas. Wajan cuma satu dan itupun wajan mini. Pertama, Nout bikin salad buah.

Apel hijau, apel merah, mangga, dipotong sewajarnya dan diletakkan dalam satu wadah.
Tambahkan kismis secukupnya.
Taburkan kacang almond yang sudah dihancurkan (lebih bagus lagi kalau menggunakan yang kepingan tipis).
Berikan mayonnaise secukupnya, aduk rata.
Tutup wadah dan simpan di lemari pendingin, sajikan ketika dingin.


Selanjutnya, dia mulai sembeleh ayam. Semula kukira dia hendak memasak satu ekor, wow banyak sekali. Tapi ternyata tidak, hahaha. Hanya mengambil daging bagian dada dan ternyata membuat dua menu. Ayam cincang pake bumbu mentah (katanya namanya Laaap, itu cara bacanya, ga tau cara ngejanya) dan buncis gepeng (sori, ga tau apa namanya) ditumis dengan ayam.

Bersihkan ayam, potong daging dada sekitar 15x15x1 (cm) dan cincang sampai halus.
Letakkan ayam cincang dalam wajan panas dan biarkan sampai warna daging ayam menjadi putih dan terlihat matang.
Siapkan bumbu2 (bawang merah, bawang putih, daun jeruk, jahe, daun bawang, seledri, cabai merah, cabai hijau) secukupnya dan iris tipis2.
Setelah ayam matang, matikan kompor dan campur bumbu2 mentah (+ garam!) ke ayam cincang tersebut. Aduk bumbu sampai rata dan tambahkan sedikit perasan jeruk nipis.


Kalau yang buncis tumis pake ayam ya standar lah, gitu2 doang, n rasanya not too good =P

Trus aku masak apa ya? Hahaha. Namanya juga anak muda zaman sekarang, mana ahli masak2 (alasan). Dengan modal kreativitas akhirnya aku buat campuran buat nasi.

Siapkan bumbu2 (bawang putih, daun bawang, cabai merah, cabai hijau), iris tipis.
Panaskan wajan dan cairkan 2 sendok makan margarine.
Masukkan semua bumbu (+garam!) dan disusul dengan irisan sosis secukupnya.
Sisihkan bawang putih yang berubah warna jadi hitam (gosong!)
Campurkan semua yang ada di wajan dengan nasi putih yang hendak Anda makan.


Berhubung rekan kami Brian ga bisa makan pedas, aku pisahkan sebagian sosis untuk digoreng standar. Biasa lah… goreng gitu aja. Dan benar, dia yang menghabiskan total sosis goreng itu =P Oh ya, jangan digoreng utuh ya, dipotong miring dulu supaya hasilnya setelah digoreng seperti huruf ‘S’ =)

Trus Pandu masak apa donk? Hehehe, gini2 dia yang masak nasi lho. Nasi dibagi dua kloter. Kloter pertama yang dicampur dengan sosis pedas saya, dan kloter dua yang polos begitu saja, disiapkan khusus untuk Brian. Selain itu Pandu juga masak Sardin. Eh, ga masak. Tapi memanaskan Sardin kaleng =P

Rasanya makanan ga lengkap kalau tak ada kuahnya. Sebagai percobaan, aku beli mie Maggie di NTUC yang cara bikinnya seperti mie gelas. Not bad, rasanya mirip sama Mie Gelas.

Then then… Soo Chin?? Apa yang dia bikin? Hehe, Soo Chin nyiapin Es Bandung buat kita. Ga tau juga kenapa dinamain Es Bandung. Emangnya di Bandung ada ya yang kayak gini? Dibuat dari susu, air, n sirup merah. Rasanya enak sich, seger…. Soale ada es batunya =) karena khawatir esnya ga sesuai selera kita, dia juga nyiapin lemon tea kaleng, hahaha.



OK OK, nampaknya semua sudah ambil giliran selain….. Brian! Yup. Ini memang bukan giliran dia kok, setidaknya dia bantu bersih2 setelah makan2 dibubarkan. Dan, karena aku, Pandu, dan Brian tak ada kuliah di hari Rabu (ga tau nanti ya kalo ada tutorial), nampaknya hari Rabu akan kami jadikan hari memasak =P Minggu depan sudah pasti giliran Brian!!!!! Katanya sich dia mo nyari2 buku resep masakan Filipin dulu… hahaha..



BTW… thx to Mom n Dad, Hix, Dea (adena Hix), Rabz (pertama kalinya SMS ke no gw kan?), Botem, Ru, Lina (Cuma kamu nih yang nyinggung2 soal married, hahaha), Dika, Mia, Otonx, Regina, Coy (bebek jaman sekarang emang sibuk…), Ayu (kukira Bunda marah padaku…), Bhro, Dhana, Wayan (jangan lupa ya, headset! =P ), Anggit, Nael, Bang Sigit (iya! Abang! =P ), Alidz, Intan, Ardid, Wangga, Desmond (ayo temukan cara set path), Pande, Mais, Pak De FeHa, Fariz, Bang Rendru (dun porget bang, jumat ini ya!), Gipu (lucu abizzzzzz tu testi!), Bang Aussie, Kak Diyan, Bang Takwa (kapan2 dapet yang mateng deh, Bang!), Jojon, Kak Emen (seumur kita kak… seumur =P ), Bimi (terharu gw baca tu testi), Rosa, dan semuaaaaaaaaaaa yang mungkin belum tersebut…. Thx doanya. Thx ucapannya. Thx perhatiannya. Thx God for being your friend.

Dan pastinya. Thx to my rumet, Nout. Thx to Pandu. N thx to Brian too… Eits.. also u, Soo Chin!!!!!! What a cute puppet! *EeyoreGituLoh*
posted by Ra! @ 02:44  
7 Comments:
  • At 11:53 AM, Anonymous Anonymous said…

    Ra', selamet ulang tahun ya. sori telat. Semoga semua2 yang baik buat lo bisa terkabul. Gitu aja yah!!

     
  • At 1:32 PM, Blogger Ra! said…

    thx ya. BTW, abang AJI ini lagi kenapa ya?? kayaknya ada something2 deh... =)

     
  • At 2:49 PM, Anonymous Anonymous said…

    Ra, happy birthday..leot nya lucuuu..gw kayaknya telat bgt nih.. :p

     
  • At 2:55 PM, Blogger Ra! said…

    makaci pitut... BTW, testi dari gw dah di approve pa blom tuw...

     
  • At 1:25 AM, Blogger Dony said…

    hei, maaf nih, numpang lewat, tapi ternyata si empunya blog sedang ulang tahun jadi sekalian mengucapkan selamat ulang tahun. semoga dilimpahkan dengan kehidupan yang lebih berkah lagi.
    btw, grafis blognya keren bgt. bol jug utk di-link, gak keberatan kan?
    salam,
    Dony

     
  • At 1:33 AM, Blogger Ra! said…

    kalo lewat aja sich ga perlu minta maaf =) Thx ya dah mo mampir n meninggalkan jejak. Ini template hasil googling kok, d.k.l ga bikin sendiri (*malu*). silakan di-link.. nanti kalo aku mo rapi2in template ini plus links, aku juga nge-link ya...

     
  • At 4:51 PM, Anonymous Anonymous said…

    happy birthday Ra!

    seneng deh baca crita2 in ur blog, for ur twenty...(not twenTEEN),miss u..hehhee sori kelupaan pasang reminder for ur bday, but paling ga belum lewat2 amat kan...just pray for u that u'll miss me too ;p "get the precious things, share them, n forget not to always depend on God, coz u're precious sistz.."

     
Post a Comment
<< Home