Previous Post
Archives
Links
Friends
Template by
Free Blogger templates
Thursday, August 17, 2006
DIRGAHAYU RI*
*ini postingan untuk milis smatn



dear ALL

Sebenernya mo nanya sich, apa arti dari 'dirgahayu'. Tolong dijawab, ya!

Kegiatan 17-an.
Yach, dari kecil sich saya taunya ada bendera merah putih di mana2. Lampu2 menghiasi kota. Gapura2 di pintu gang dengan tulisan 17-8-45 di sisi kiri dan 17-8-9* di sisi kanan. Siap2 buat ikut segala macem lomba anak2 di RT, termasuk pawai sepeda hias. Sibuk juga latihan paduan suara atopun petugas upacara 17-an. Biasanya juga ada panggung gembira gitu. Isinya apa? Pidato2, performance2, bagi2 hadiah lomba.

17-an di TN
Gak beda jauh dengan yang pernah saya lalui sebelum masuk TN. Bedanya ya ada malam renungan di balairung, yang menurut saya malah intinya adalah makan2 bersama. Inilah pertama kalinya buat saya makan pakai piring di TN selama PDK, maklum, zaman itu masih 'haram' bagi siswa kelas 1 ke kantin selama PDK. Apalagi ya bedanya 17-an di TN? Oh ya, malam keakrabannya meriah. Jadi inget Agustus 2003, panitia begitu deg2an melihat reaksi KepSek, dan akhirnya mereka senyum lega ketika beliau mengekspresikan PUAS.

Setelah lulus dari TN, saya ga gitu ngeh dengan yang namanya 17-an. Tahun 2004, seingat saya, saya hanya menghabiskan waktu nonton TV di rumah. Ya lumayan lah, paling engga masih nonton upacara di TV. Tetangga2 aktivis remaja pada datengin rumah beberapa hari sebelum 17-an, menawarkan ke ayah saya supaya anaknya ini jadi panitia. Enggan. Saya menghindar sebisa mungkin.

Tahun 2005, sama saja. Sudah tidak merayakan 17-an lagi. Bahkan saya tidak ingat apakah di rumah masih ada bendera merah putih yang layak dipasang.

Dan sekarang, 2006.

F: "Ra, besok ke KBRI ga?"
R: "Engga, ada kuliah jam 10"
F: "Kan upacaranya mulai jam 8, tar bisa balik lagi"
R: "upacaranya emang brapa lama? hari minggu aja deh ke KBRI nya"
F: "aku juga ada kuliah, tapi terpaksa cabut"
.
.
.

dan dialog itu yang membuat saya akhirnya jadi merenung.
Indonesia. Sejak kenal orang2 baru di sini, saya jadi sering menyebut kata 'Indonesia'. "I'm from Indonesia"....hmmm...


regards,

Aurora
01.3239
posted by Ra! @ 02:26  
2 Comments:
  • At 8:56 AM, Anonymous Anonymous said…

    ta,bukannya artinya 'panjang umur' ya?

     
  • At 10:40 PM, Blogger - Shootin* - said…

    hihi Aurora, jus drop by to say hi. take care!~ =)

     
Post a Comment
<< Home