Previous Post
Archives
Links
Friends
Template by
Free Blogger templates
Tuesday, June 20, 2006
...
Belum 40 hari Ricco pergi. Dan Tuhan pun melaksanakan kehendak berikutnya.







Who’s that lady? She’s my mom’s sista. Precisely, she’s my second mom. Note: She had no child.

Apa yang membuat gw sedih? Banyak. Terlalu banyak untuk disebutkan. Let’s see…

Seperti yang gw bilang di atas, she’s my second mom. Beliau tidak punya anak dan amat sayang sama semua keponakannya. Akan tetapi, keponakan cewe yang di Jakarta dan sejak kecil sering bersama beliau ya gw. Titik penyesalan gw adalah, gw belom sempet balas budi T_T

Waktu gw lahir, gw tinggal serumah sama beliau. Begitu gw n ortu ada rumah sendiri, setiap minggu kita pasti ketemuan. Entah gw yang ke rumah beliau, atau beliau yang ke rumah gw. Setiap momen yang ada kaitannya dengan ‘keluarga’, ya beliau lah orang pertama yang gw sebut keluarga setelah ortu.

Dulu, kalo bo-nyok berantem hebat dan gw hanya seorang anak kecil yang bisa menangis, beliau orang yang gw cari, gw telpon, dan beliau yang menenangkan gw dari segala tangis.

Sampe gw dah SMA, di Magelang, waktu perpisahan pun beliau dateng.

Ulang tahunnya yang ke-51 tanggal 5 Mei kemarin, gw ngucapin met ultah via SMS, dan beliau bales ucapan terima kasih lewat telpon…

Terakhir kali denger suaranya di telpon adalah sekitar dua minggu lalu, ketika beliau nyoba telpon ke rumah tapi gak ada yang angkat, jadinya beliau telpon ke HP gw. Dan pembicaraannya adalah menanyakan tentang Rico, dan tentang S’pore…

Dan yang gw sesali lagi adalah keteledoran gw dalam doa. Seminggu terakhir, pulang selalu malam, doa mau tidur ya gak pernah, lantaran emang ga pernah tidur (freetalk sejati)… padahal biasanya, kalo doa malem, nama beliau gak terlupa dari doa yang gw ucapkan…

Sakitnya lagi, nyokap gw tuh dah pernah ngingetin, “Ra, Tante Meis tuh kesepian. Kamu sering2 lah telpon dia, tanya apa kabar. Dihibur biar cepet sembuh. Penyakit dia tuh pikiran….”

Gw hanyalah ponakan yang gak tau diri. Di tahun 2006 ini, gw cuma satu kali ketemu beliau. Satu kali! Itu pun di awal tahun. Momen2 seperti nginep bareng di hotel, trus ultahnya Ralf n Boris, dll, gw gak dateng karena akhir2 ini gw milih untuk weekend di kos aja.

Postingan gw berantakan nih. Gak runut. Karena yang di kepala gw emang awut2an juga. Huh….

Beliau selama ini sakit ‘aneh’. Asma, tapi bukan asma. Gak ngerti juga lah. Yang pasti, belakangan ini beliau sering masuk rumah sakit, dan gw gak pernah jenguk. Kenapa? Karena biasanya masuk RS juga cuma 1 atau 2 hari, dan gw gak tau apa2 karena ada di kos. Begitu gw dah di rumah paling2 dapet berita kalo beliau dah keluar dari RS.

Hari Jumat pagi, masih ke kantor. Ngomong ke temen kerjanya, mau pinjem pulpen. Temennya tanya, buat apa pinjem pulpen pagi2? Jawabnya, “Saya kan dah mau pergi jauh, boleh dong saya pinjem pulpen?”

Di tas nya, ternyata ada buku kecil, buku rohani, yang judulnya “Badai Pasti Berlalu”. Buat orang2 yang tau perjalanan hidup beliau, tentu bakal sangat …. Sangat…. Apa ya? Sangat terharu lah mendengarnya…. Kisah hidupnya yang gw tau hanya sebagian dari ‘badai’, dan gak perlu lah ya gw ceritakan di sini.

Obat2 supaya beliau bertahan hidup sangat mahal. Seluruh gajinya terkuras untuk beli obat2 itu. Tapi secara fisik sehari-hari, beliau gak kelihatan seperti orang yang ketergantungan sama obat2 itu. Parahnya lagi, tempat kerjanya sekarang lagi menuju bangkrut. Akibatnya? Dah sekian bulan beliau gak terima gaji penuh. Dan setelah gw tau berapa gajinya selama ini, ternyata kecil. Gak mungkin cukup untuk biaya pengobatannya. Dan dengan gaji yang sekecil itu pun, gak dibayar penuh…. Miris banget dengernya T___T

Dan yang semua (kami) sesali…. Ketika beliau menutup mata, tidak ada keluarga yang berada di sampingnya. Pagi sampai sore hari, beliau masih sempet ke rumah sepupu gw yang nyokapnya dalam keadaan sakit parah. Masih menjenguk, bahkan masih bantu2 membereskan dapur. Katanya, hari itu beliau pakai baju pink. Then, setelah pulang rumah, sekitar 3 jam kemudian, mungkin penyakitnya kambuh. Bahasa kerennya, anval? Beliau keluar rumah, minta tolong tetangga anterin ke rumah sakit. Rumahnya di Kali Pasir. Sangat dekat dari RS Cikini. Dan tetangga pun ada yang mengantar nya ke RS Cikini naik bajaj. Sangat, sangat, sangat…… pedih… beliau menghembuskan nafasnya yang terakhir di atas pangkuan tetangga dalam perjalanan menuju RS Cikini di dalam sebuah bajaj yang melaju terburu-buru…..

I can’t stop these tears.
I love you…
We love you…
posted by Ra! @ 13:40  
2 Comments:
  • At 9:50 AM, Blogger rabindra said…

    Turut berduka cita ya, Ra!!

    Hmm, may be u should go home more frequently.. Meminjam kata Rado, "supaya tidak jadi Mbak Toyib".. hehe..

     
  • At 7:06 PM, Anonymous Anonymous said…

    i couldn't say anything to give my condolences, but, just one pray that our Father give u the strength to face this....

    (mi)

     
Post a Comment
<< Home